Gangguan Kesehatan Mata pada Pengguna Komputer (PC)

12:41 AM

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang digunakan manusia semakin maju. Aktivitas kehidupan manusia semakin dipermudah oleh berbagai teknologi yang mempermudah kehidupan manusia.

Salah satu teknologi yang semakin maju dan terus dikembangkan adalah teknologi di bidang komunikasi, salah satunya adalah perkembangan komputer. Penemu komputer yang pertama adalah John V. Antanof. Pada masa itu masih sedikit orang yang memiliki komputer. Penemuan PC (Personal Computer) oleh Steve Jobs dan Bill Gates membuat banyak orang yang memiliki komputer.

Pada masa globalisasi ini arus komunikasi dan informasi semakin bebas, sehingga teknologi dari luar negeri dapat dengan mudah masuk ke Indonesia tak terkecuali PC. Perdagangan bebas yang telah dibuka beberapa tahun lalu membuat PC (komputer pribadi) dapat dengan mudah dimiliki oleh masyarakat dari berbagai golongan dengan harga yang terjangkau.

Golongan masyarakat yang sering menggunakan komputer pribadi adalah pelajar, mahasiswa dan pekerja (karyawan). Mahasiswa menjadi salah satu pengguna tertinggi barang elektronik tersebut. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar modern yang menuntut mahasiswa untuk menggunakan alat tersebut dalam aktivitas belajar.

Penggunaan komputer pribadi memberikan efek samping pada penggunanya. Salah satunya adalah gangguan kesehatan yang mengganggu penglihatan mata manusia. Hal ini disebabkan oleh radiasi karena jarak layar yang terlalu tinggi, jarak layar yang terlalu dekat, sering menggunakan komputer pribadi pada area yang sedikit cahaya.

Beberapa gangguan penglihatan yang dapat terjadi pada pengguna komputer adalah penglihatan menjadi kabur, mata kering, miopi dan glukoma. Miopi adalah gangguan penglihatan mata yang tidak dapat melihat jarak jauh. Sedangkan glukoma adalah gangguan penglihatan pada bola mata yang memproduksi cairan berlebihan akibat radiasi komputer.

Cara mengatasi gangguan mata yang diakibatkan oleh penggunaan komputer adalah dengan meletakkan layar sejajar dengan mata, pencahayaan yang memadai dan memakai kacamata khusus ketika menggunakan komputer.

Kacamata yang dianjurkan bagi pengguna komputer adalah jenis kacamata multifokal yang mempunyai fokus untuk melihat layar pada jarak dekat, sedang maupun jauh. Selain itu cara mencegah gangguan penglihatan mata dapat dilakukan dengan mengistirahatkan mata yang lelah dan banyak minum.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images