Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Layar Komputer

10:50 PM

mata lelah di depan layar
Behadapan dengan layar monitor setiap hari membuat mata jadi lelah. Akibat dari kelelahan mata membuat saraf mata tidak bekerja dengan maksimal.

Jika kamu yang bekerja full time di depan layar dan tidak pernah mengetahui cara penggunaan komputer yang baik agar tetap tidak berdampak pada kesehatan mata, mungkin saja teman-teman  menggunakan komputer, khususnya tidak menganggap peduli jarak dan pencahayaan layar LCD, atau aturan lainnya tentang cara menggunakan monitor LCD.

Sekedar berbagai pada para pembaca yang mungkin tidak menganggap peduli kesehatan mata, atau malah merasa tangguh berhadapan dengan layar komputer, apapun jenisnya. mulai sekarang perhatikan cara-cara yang baik jika berhadapan dengan komputer, sebab menggunakan kacamata itu, menurut perasaan saya, tidak membuat nyaman dan sedikit banyaknya mengganggu beberapa aktifitas.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kesehatan mata tetap terjaga jika berhadapan dengan layar monitor:

1. Perhatikan jarak antar mata dengan monitor. Diusahakan jangan terlalu dekat melebihi jarak 30 cm. Dan jangan pula terlalu jauh, sebab bisa membuat mata dipaksakan fokus pada grafik komputer.

2. Atur warna dan cahaya komputer sesuai dengan kenyamanan mata

3. Jangan memaksakan mata berhadapan dengan komputer dalam keadaan gelap. Lebih baik nyalakan saja lampu.

4. Jika membaca tulisan di tampilan monitor terlalu kecil, dan tulisannya banyak juga panjang. Lebih baik copy saja pada microsof word, dan sesuikan besar huruf agar enak dibaca. Atau, jika malas mengcopy, gunakan CTRL + putar scrol mouse ke atas biar tampilan website nya membesar. Otomatis huruf-hurufnya pun akan ikut membesar.

5. Jika anda masih menggunakan monitor yang berbentuk balok, yang kacanya cembung. Diusahakan menggantinya dengan layar LCD atau LED. Sebab kedua monitor jenis itu radiasinya lebih kecil.

6. Makanan pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Memperbanyak makanan bervitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

7. Selalu posisikan duduk berhadapan dengan monitor pun harus dibuat senyaman mungkin.

8. Jika kelelahan mata berdampak pada mudah merasa pusing, sebaiknya bertanya pada dokter.

Gunakanlah pendingin mata dimalam hari sehabis kerja di depan layar monitor, Seperti masker mata, yang terbuat dari mentimun, kentang, atau lainnya.

Baca artikel lainnya untuk mendapatkan tips membuat masker mata lelah. atau simplenya disini.

You Might Also Like

3 comments

  1. Terimakasih tipsnya gan,,, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. Bantu buat Kartu Kredit dan KTA Personal loanI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit gold,platinum baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga murah, untuk KTA PERSONAL LOAN DAPATKAN PINJAMAN 5 HINGGA 250 JUTA DENGAN BUNGA 1.79% sampai 1.99%
    chairul sarto utomo via sms telp
    088215334251 dan 085600125176 pin bb 7EA8D6FD , ALAMAT KANTOR DI JL RUKO GAJAH RAYA SEMARANG

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images