Penyebab Utama Timbulnya Kantung Mata

8:00 AM

Kantung mata sering dianggap sebagai tanda penuaan yang terjadi secara alami. Tanda-tanda adanya kantung mata juga disertai dengan munculnya garis halus di sekitar mata yang diikuti dengan lingkaran hitam.

Kondisi ini akan memperburuk tampilan wajah seseorang karena banyak yang beranggapan bahwa kondisi ini hanya dialami oleh orang tua padahal banyak remaja yang bisa terkena gejala ini. Salah satu penyebab utama dari munculnya kantung mata adalah kebiasaan tidur yang salah.

Seorang manusia membutuhkan setidaknya 7-8 jam untuk tidur di malam hari. Namun karena adanya kesibukan kerja atau kebiasaan begadang, seseorang menjadi sering tidur larut malam sehingga waktu tidurnya terpotong. Lama kelamaan akan muncul kantung mata yang mulai menggantung di bawah mata sehingga tampilannya terlihat tua.

Selain itu, beberapa faktor lain penyebab munculnya kantung mata adalah:

1. Dehidrasi,
2. Genetik,
3. Alergi,
4. Menopause,
5. Gaya gravitasi,
6. Sinar matahari.

Untuk mencegah dehidrasi, setiap orang setidaknya harus minum 8 gelas air setiap hari. Kekurangan air juga akan berdampak pada daya konsentrasi yang menurun. Faktor penyebab yang paling sulit dihindari adalah genetik.
Kantung mata yang terbetuk masih bisa diperbaiki contohnya melalui prosedur operasi namun masih banyak yang enggan untuk menjalaninya karena takut akan dampak negatifnya. Reaksi alergi juga bisa menimbulkan kantung mata.

Beberapa orang sangat alergi dengan serbuk bunga yang terbawa angin dan masuk ke mata. Rasa gatal yang terus dirasakan menyebabkannya ingin menggosok mata yang pada akhirnya membuat bagian bawah mata bengkak.

Menopause yang terjadi pada wanita yang memasuki usailanjut juga menjadi salah satu pemicu kantung mata. Saat menopause, produksi kolagen yang menjaga kekenyalan kulit berkurang sehingga kulit menjadi mengendor terutama pada daerah sekitar mata yang juga diperparah dengan adanya timbunan lemak pada daerah kulit tersebut.
 
Gaya gravitasi menyebabkan kantung mata karena lapisan kulit yang mengalami tarikan ke bawah.

Paparan sinar matahari pada wilayah tropis seperti Indonesia akan menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit bekurang sehingga sangat mudah terbentuk kantung mata.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images