Mata Sembab Awal Gejala Penyakit Ginjal Pada Anak

8:00 AM

Mata sembab tidak selalu diakibatkan karena habis menangis semalaman, namun juga dapat menjadi salah satu tanda penyakit ginjal terutama pada anak dan bayi.

Kita memang tidak boleh langsung menuduh seorang anak terkena sakit ginjal karena masih ada ciri-ciri lain dari penyakit ini. Sebagai orang tua anda hanya diminta lebih waspada dan lebih care pada segala tanda yang tak biasa pada anak.

Penyakit ginjal tidak selalu dengan cepat terdeteksi, bahkan bisa berbulan-bulan baru terdeteksi.

Ada beberapa tanda yang harus diwaspadai dan perlu ditindaklanjuti dengan penanganan dokter jika hal-hal berikut terjadi:
1.    Anak sering muntah
2.    Anak sering mengeluh sakit pinggang atau nyeri di punggung.
3.    Mata anak terlihat sembab di pagi hari saat bangun tidur.
4.    Tekanan darah tinggi diikuti jumlah sel darah merah yang terus menurun.

Salah satu jenis penyakit ginjal yang sering ditemui pada anak-anak adalah Sindroma Nefrotik yang dibagi lagi menjadi dua jenis, primer dan sekunder. Nefrotik Primer belum diketahui penyebabnya bahkan dapat terjadi pada bayi di bawah 1 tahun.

Sementara Nefrotik Sekunder disebabkan penyakit lain seperti tumor, hepatitis, keracunan logam berat, malaria, kencing manis dan penyakit lainnya. Gejala awalnya dapat diamati saat anak bangun di pagi hari. Mata anak terlihat sembab namun pada siang hari sembab itu menghilang.

Hal ini terus terjadi setiap hari dan lama-lama dapat terjadi sembab atau bengkak di seluruh tubuh. Jika bagian yang sembab ditekan akan menimbulkan bekas.

Saat menemukan perubahan-perubahan semacam ini, kita sebagai orang tua tidak boleh tinggal diam dan harus segera diperiksakan ke dokter. Jika dibiarkan berlanjut bisa-bisa berakhir dengan cuci darah.

Anda tidak mau penyakit ini sampai merenggut nyawa buah hati anda bukan?

Selain itu kelainan ginjal yang harus diwaspadai adalah:
1. Tumor ginjal, gejalanya adalah terdapat benjolan pada perut.

2. Infeksi kandung kemih, biasanya terlihat saat anak buang air kecil air seninya keluar tidak lancar dan diikuti rasa nyeri.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images